10 Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi. Magelang tidak hanya terkenal dengan Candi Borobudurnya, ada banyak tempat wisata di Magelang yang bisa Anda kunjungi. Berikut ini akan kami sajikan daftar tempat-tempat wisata di Magelang yang bisa dijadikan sebagai tempat tujuan liburan Anda.

Punthuk-Setumbu-MagelangPunthuk-Setumbu-Magelang

Punthuk Setumbu

Tempat wisata Magelang pertama adalah Punthuk Setumbu. Jika Anda adalah seorang pemburu matahari terbit, maka Puthuk Setumbu adalah tempat yang tepat. Puthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian 400 mdpl dan berada di Barat Daya Candi Borobudur. Puthuk Setumbu menyajikan keindahan alam pagi hari. Indahnya sinar matahari di waktu pagi, udara segar yang diselimuti kabut tebal, menjadikan tempat wisata di Dusun Kerahan, Karangrejo, Magelang ini sangat cocok untuk perjalanan pagi Anda.

Punthuk-Setumbu-Magelang

Grojogan Kedung Kayang

Grojogan Kedung Kayang adalah air terjun yang berada di Desa Wonolelo, Sawangan yang berdekatakan dengan Desa Klakah, Selo, Boyolali. Untuk menikmati keindahan air terjun (Grojogan) Kendung Kayang ini Anda harus berjalan melewati jalan setapak yang dikelilingi lembah. Musim panas adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini. Pasalnya, ketika musim panas, air di Grojogan Kedung Kayang sangat jernih, dingin, dan cocok untuk meredam hawa panas setelah menelusuri lereng Gunung Merapi.

Curug Silawe

Curug Sulawe merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang berada di kaki Gunung Sumbing atau berada di sebelah selatan Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kab. Kejoran. Meskipun jalan untuk menuju tempat ini kurang baik, tapi rasa lelah Anda akan terobati ketika sudah sampai di lokasi Curung Silawe. Keindahan alam lereng Gunung Sumbing menjadi alasan utama kenapa Curung Silawang ini menjadi salah satu tempat wisata di Magelang yang harus Anda kunjungi.

Untuk menuju ke Curung Silawe, Anda bisa melalui Jln. Raya Purwokerto-Magelang, lalu belok di pertigaan krasak. Selain itu, sebelum berkunjung ke tempat ini sebaiknya periksa dulu kesehatan fisik Anda. Sebab medan yang terjal dan cukup melelahkan sangat membutuhkan fisik yang prima.

Gunung Andong

Di Magelang tidak hanya terkenal dengan Gunung Merapi nya, tetapi ada juga gunung Andong yang sangat cocok dan bersahabat bagi para pendaki pemula. Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Gunung ini tidak terlalu tinggi, sehingga hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai puncak Gunung Andong.

Air Terjun Sekar Langit

Gunung Andong tidak hanya menyajikan panorama alam di atas pegunungan, tetapi juga menawarkan keindahan sebuah air terjun. Air terjun itu adalah Air Terjun Sekar Langit. Yah, air terjun ini akan menyegarkan tubuh Anda setelah kelelahan menaiki Gunung Andong. Letak Air Terjun Sekar Langit ini berada di Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Kondisi Air Terjun Sekar Langit ini masih sangat alami, dan menurut cerita masyarakat setempat, di air terjun inilah Jaka Tarub mengintip para bidadari.

Pemandian Candi Umbul

Objek wisata di Magelang selanjutnya Pemandian Candi Umbul. Jika Anda sedang berlibur ke Magelang, tidak ada salahnya untuk singgah di pemandian Candi Umbul. Untuk menikmati segarnya air panas di pemandian air panas Candi Umbul ini Anda tidak perlu bayar mahal. Harganya sangat ramah, sehingga Anda bisa dengan tenang untuk berlama-lama di tempat yang termasuk dalam kategori situs purbakala. Konon katanya, Candi Umbul sudah ada sejak Wangsa Syailendra.

Kali Progo

Wisata alam di magelang tidak hanya melulu di Gunung Merapi, Grojogan Kedung Kayang, Curuk Selawe, Gunung Andong maupung Air Terjun Sekar Langit. Ketika berwisata di Magelang tidak ada salahnya jika Anda menikmati keindahan Kali Progo. Di Kali Progo atau Sungai Progo ini Anda bisa menguji andrenalin Anda dengan bermain arung jeram. Kali Progo memiliki grade yang lumayan tinggi sehingga cukup menantang untuk arung jeram dan selama 2 jam, Anda akan melawan derasnya arus sungai serta indahnya panorama alam di kanan kiri Sungai Progo.

Rumah Kamera

Tidak jauh dari Candi Borobudur terdapat sebuah bangunan yang sangat mirip dengan kamera DLSR. Bangunan ini digunakan sebagai galeri lukisan karya Tanggol Angien Jatikusumo. Bangunan atau galeri ini memiliki empat lantai yang semuanya memiliki keunikan tersendiri. Setelah Anda selesai berkeliling menyaksikan berbagai keindahan lukisan di galeri ini, Anda pun bisa berfoto-foto untuk mengabadikan moment spesial Anda.

Desa Candirejo

Tempat wisata di daerah Magelang selanjutnya adalah Desa Candirejo. Di desa ini masyarakatnya sangat ramah dan jika Anda beruntung, Anda akan menjumpai berbagai tradisi khas masyarakat yang telah diwariskan secara turun-temurun, seperti Sedekah Bumi, Nyadran, Wayangan dan lain sebagainya. Di desa ini juga terdapat industri rumahan berupa kerajinan bambu dan pandan, dan jika berminat Anda bisa langsung membelinya dari para pengrajin.

Alun-alun Kota Magelang

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, kurang afdhol rasanya jika tidak menikmati wisata kota magelang. Selain wisata alam, pemandian air panas, indahnya Candi Borobudur, di Magelang juga terdapat alun-alun yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu malam Anda. Di alun-alun ini Anda bisa jalan-jalan sambil jajan makanan khas, atau menikmati keindahan bangunan-bangunan tua yang ada di sekitar alun-alun.

Itulah tadi 10 tempat wisata di Magelang selain Candi Borobudur yang wajib Anda kunjungi. Karena kurang sah rasanya apabila menikmati keindahan Magelang hanya dari Candi Borobudur, sebab Magelang sangatlah luas dan memiliki banyak destynasi wisata yang memsesonan dan siap memanjakan Anda.

saya adalah seorang pecinta dunia petualangan, suka membaca buku, dan saat ini sedang bekerja di salah satu penerbit buku sebagai kepala editor buku. https://plus.google.com/u/0/105366462834545867981?rel=author