Air Terjun Ledok Poko – Surga Tersembunyi dengan Sejuta Sensasi

Air terjun Ledok Pokoh atau yang juga sering disebut dengan nama Grojogan Lepo merupakan salah satu destinasi wisata Jogja yang terletak di Kabupaten Bantul dan merupakan salah satu destinasi wisata unggulan. Air terjun ini dibuka pada tahun 2013 lalu. Sejak pertama kali dibuka hingga saat ini air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama jika di akhir pekan.

Air-Terjun-Ledok-PokoAir-Terjun-Ledok-Poko

Kondisi Air Terjun Lepo masih alami dan terjaga dengan baik. Air terjun ini memiliki beberapa tingkat air terjun, sehingga menjadikan air terjun ini unik dan berbeda dengan air terjun-air terjun lainnya. Air Terjun Grojogan Lepo ini terletak di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute terdekat untuk mencapai lokasi air terjun ini ialah dari pusat kota Jogja, ke arah terminal giwangan, lurus ke selatan melewati jalan Imogiri Timur hingga tiba pada pertigaan jalan di selatan Pasar Imogiri. Beloklah ke kiri, kemudian ambil arah kanan yang menuju ke arah Kebun Buah Mangunan dan Dlingo. Lalu, dari persimpangan jalan Mangunan, ambil jalan yang mengarah ke Kecamatan Dlingo atau ke arah Pasar Dlingo. Sebelum masuk pasar, ada jalan ke arah kanan, lihat papan petunjuk jalan yang mengarah ke Air Terjun Grojogan Lepo.

Akses jalan dari pusat Kota Jogja hingga sampai ke lokasi air terjun sudah sangat baik, jalanan aspal dan lebar. Namun, beberapa meter sebelum masuk ke lokasi air terjun, jalan masih berupa corblok. Dengan akses jalan yang cukup baik ini, maka pengunjung bisa dengan mudah mengunjungi lokasi air terjun baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sayangnya belum ada angkutan umum yang langsung mengarah ke tempat ini, kalaupun ada itu adalah Ojek yang bisa Anda sewa dari Imogiri.

Di area wisata ini sudah ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung, di antaranya adalah area parkir. Para petugas parkir di tempat ini cukup sigap dalam mengatur kendaraan para pengunjung, sehingga kendaraan bisa terparkir dengan rapi dan mampu menampung banyak kendaraan.

Dari area parkir kendaraan tersebut, untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 100 meter. Meskipun harus berjalan kaki cukup jauh, jangan khawatir, jalanan cukup teduh karena di pinggir-pinggir jalan terdapat banyak pohon sengon dan pohon jati. Suasana yang masih asri ini tentu akan membuat perjalanan Anda tidak akan terasa.

Untuk memasuki kawasan Air Terjun Lepo, pengunjung tidak akan dikenakan biaya, namun jika berkenan Anda bisa memberi sumbangan seikhlasnya untuk biaya pengelolaan tempat wisata air terjun ini. Sumbangan itu bisa Anda masukkan ke dalam kotak sumbangan yang ada di pinggir jalan setapak.

Keindahan Air Terjun Lepo

Daya tarik dari Air Terjun Lepo ini ialah air terjunnya yang terdiri dari beberapa tingkat dan dalam satu aliran sungai. Air terjun yang pertama cukup rendah dan letakknya tepat di samping tempat menarik sumbangan. Air terjun yang kedua terletak di bawah air terjun yang pertama. Sekilas air terjun kedua ini terlihat lebih menarik bila dibandingkan dengan yang pertama.

Tinggi air terjun yang kedua ini kurang lebih 10 Meter dengan tipe air yang melebar. Diding air terjunnya dialiri air yang membentuk sebuah tirai yang disebabkan oleh endapan kapur yang larut dalam air. Di bagian bawah air terjun kedua ini terdapat kolam renang dengan panjang sekitar 30 meter. Kolam ini cukup dangkal.

Jika kita turun lagi ke bawah, maka kita akan mendapati air terjun ketiga, yang jauh lebih menarik dari kedua air terjun sebelumnya. Tingginya kurang lebih hampir sama dengan air terjun yang kedua. Namun, hal yang menarik dari air terjun yang ketiga ini adalah bebatuan yang ada di sekitar air terjun berntuknya persegi panjang dan tersusun rapi.

Air-Terjun-Lepo Air-Terjun-Ledok-Poko Grojogan-Lepo

saya adalah seorang pecinta dunia petualangan, suka membaca buku, dan saat ini sedang bekerja di salah satu penerbit buku sebagai kepala editor buku. https://plus.google.com/u/0/105366462834545867981?rel=author