Tebing Breksi Jogja Pesona Bukit Kapur yang Memukau

Tebing Breksi menjadi Destinasi Wisata Jogja yang sedang pupuler saat ini, terutama dikalangan muda-mudi. Pemandangan yang unik, eksotis dan anti-maenstrem menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Gambar-Tebing-Breksi-JogjaGambar-Tebing-Breksi-Jogja

Taman Tebing Breksi merupakan spot wisata terbaru di Jogja. Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam berupa tebing breksi yang telah dirombak habis-habisan sehingga tidak seperti tebing-tebing lainnya. Tebing-tebing yang menjulang tinggi tersebut diukir sedemikian rupa sehingga membentuk relief yang menawan.

Tebing-Breksi-JogjaTebing-Breksi-Jogja

Kehadiran tebing breksi di tengah banyaknya tempat wisata di Jogja bisa menjadi alternatif wisata bagi yang sudah bosan dengan tempat-tempat wisata yang itu-itu saja. Taman Tebing Breksi ini menyajikan sensasi wisata yang berbeda. Di tempat ini kita tidak di ajak untuk bermain air, berenang atau menikmati segarnya alam di bibir pantai, tetapi kita diajak untuk lebih dekat dengan alam. Yah, suguhan utama taman ini ialah deretan tebing batu breksi yang menjulang tinggi gagah berani sepanjang puluhan meter.

Gambar-Tebing-Breksi-Jogja Taman-Tebing-Breksi Tebing-Breksi-Jogja Ukiran-di-Tebing-Breksi-Jogja

Tebing-tebing batu ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu dan banyak dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk menambang batu, dan saat ini area penambangan itu sudah ditutup. Kini area penambangan itu disulap menjadi tempat wisata yang sungguh sangat memukau.

Awalnya, Tebing Breksi ini dimanfaatkan sebagai tempat penduduk setempat untuk mengais rezeki dengan menambang bebatuan breksi. Namun, selang beberapa waktu, area penambangan itu ditinggalkan begitu saja. Setelah aktivitas penambangan itu berhenti, karena tempatnya yang unik dan menarik, banyak wisatawan yang singgah ke tempat ini hingga akhirnya pemerintah setempat memodifikasi tempat tersebut dan menjadikannya sebagai kawasan wisata dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Mei 2015 silam.

Karena area ini bekas penambangan batu, maka di tempat ini kita bisa menyaksikan berbagai ornamen-ornamen pahatan sisa penambangan yang menjadikan tebing tampak seperti dinding-dinding bebatuan yang rata dan bahkan ada yang berbentuk seperti kue lapis. Sisa-sisa pahatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan, karena bentuknya yang unik nan artistik.

Ketika berkunjung ke tempat ini para wisatawan banyak memanfaatkan tebing-tebing tersebut sebagai bagroud foto selfie mereka. Tak ayal, banyak foto-foto dari mereka terkesan profesional. Selain itu juga banyak fotografer mulai dari yang amatir sampai profesional datang ke objek wisata yang satu ini untuk hunting foto, serta banyak juga para calon pengantin yang mengambil foto prewedding di tempat ini.

Lokasi Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi tidak jauh dari rute ke Candi Ijo, lebih tepatnya terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Tebing Breksi ini sangat mudah dijangkau, sebab lokasinya berada di Jalan Prambanan-Piyungan, atau kurang lebih 1 Kilometer sebelum Candi Ijo. Jika kita dari arah Jogja, maka rute yang bisa kita tempuh ialah, Kota Jogja langsung ke arah Candi Prambanan, lalu dari pertigaan pasar Prambanan belok kanan ke arah Piyungan. Kemudian, carilah papan petunjuk yang mengarah ke Candi Ijo, lalu ambil kiri (pertigaan sebelum SDN Sambirejo). Dari tempat ini perjalanan masih memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Selama perjalanan berhati-hatilah karena jalanan menanjak dan aspalnya belum begitu bagus.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Pada dasarnya untuk memasuki kawasan Taman Tebing Breksi ini kita tidak dikenakan biaya retribusi, kita cukup memberikan sumbangan seihlasnya untuk pembiayaan pengelolaan taman tersebut. Namun, di tempat ini ada tempat penitipan kendaraan, di mana Rp2.000 untuk sepeda motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam Operasional Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi buka setiap hari. Jika Anda ingin menikmati indahnya matahari terbit atau matahari terbenam, maka Anda bisa datang pada pagi atau sore hari.

Tebing-Breksi-JogjaTebing-Breksi-Jogja

Ukiran-di-Tebing-Breksi-JogjaUkiran-di-Tebing-Breksi-Jogja

saya adalah seorang pecinta dunia petualangan, suka membaca buku, dan saat ini sedang bekerja di salah satu penerbit buku sebagai kepala editor buku. https://plus.google.com/u/0/105366462834545867981?rel=author